PASTI KALIAN AKAN BERPIKIR 2X SETELAH MEMBACA ARTIKEL INI..!!WOW DILUAR DUGA'AN'' TERNYATA KULIT JENGKOL SANGAT EFEKTIF UNTUK MENGATASI PENYAKIT KENCING MANIS DAN KETOMBE SERTA DIJADIKAN SEBAGAI PENGUSIR SERANGGA!!! "


Pengagum kuliner nusantara pasti sudah tahu jengkol atau Pithecollobium Jiringa. Kuliner yang satu ini memang unik, banyak yang menggilainya tetapi banyak juga yang menjauhi. Jengkol memang memiliki bebauan yang khas.

Uniknya, aroma tak enak ini menempel pada orang yang mengonsumsinya. Hingga saat ini, sisi buah jengkol yang paling popular yakni biji dalam. Sedikit yang tahu bahwa sesungguhnya kulit jengkol juga menyimpan bermacam faedah yang mengagetkan.

Apabila hingga saat ini Anda kerapkali buang kulit jengkol, mungkin saja sudah waktunya Anda untuk memikirkan 2 x. Lantaran, siapa yang kira, nyatanya kulit jengkol juga menaruh segudang faedah. Kulit jengkol bisa diolah jadi obat untuk singkirkan ketombe di kulit kepala.

Hal semacam ini didasarkan pada percobaan mahasiswi UMY yang temukan bahwa kadungan kulit jengkol ampuh melawan ketombe. Diluar itu, kulit jengkol dapat juga dipakai sebagai bahan baku untuk memproses pestisida alami (bioherbsida). Untuk Anda yang terkena penyakit gula, kulit jengkol kabarnya juga ampuh untuk melawan diabetes!

Kulit Jengkol Vs Ketombe
Berdasar pada uji klinis di laboratorioum MIPA Kampus Negeri Yogyakarta, diketemukan kenyataan bahwa kulit jengkol memiliki kandungan protein, kalsium, fosfor, Vitamin A serta B1, sapoin, minyak atsiri, tannin, steroid dan glikosida. Senyawa ini ampuh membasmi ketombe apabila diracik bersamaan tumbuhan randu yang juga memiliki kandungan polifenol. Setelah itu diterangkan bahwa kandungan saponin dan flavanoid yang ada pada kulit jengkol dan randu bisa dipakai untuk melawan serangan bakteri pemicu ketombe.

Kulit Jengkol Sebagai Pestisida Alami
Berdasar pada penelitian, diketemukan bahwa kandungan senyawa kimia yang ada di dalam kulit jengkol (terpenoid, saponin, asam fenolat serta alkaloid) ampuh membuat perlindungan tanaman dari serangan hama. Unsur tannin dan flavanoid dalam kulit jengkol nyatanya sama ampuhnya dengan tannin pada tumbuhan berkayu dan herbal yang berperan untuk memproteksi diri dari hama.

Karenanya ada kandungan tannin ini, kulit jengkol lalu memiliki potensi untuk dipakai sebagai pestisida alami sesudah diracik berbarengan tumbuhan yang lain. Pestisida alami memiliki bahan basic kulit jengkol itu kabarnya cukup ampuh untuk mengusir semut, ulat, serangga kecil serta belalang.

Kulit Jengkol Vs Diabetes Melitus
Bukan sekedar ampuh melawan ketombe dan hama pengganggu tanaman, tenyata kulit jengkol berguna juga untuk turunkan kandungan gula darah. Banyak yang telah menunjukkan hal itu.

Langkah pemanfaatannya juga cukup gampang. Anda tinggal merebus kulit jengkol dengan dosis 3 kali satu hari 1 gelas. Faedah itu memang belum dibuktikan lewat cara empirik, namun beberapa peneliti tidak juga menyangkal faedah ini. Faedah lainnya kulit jengkol yang pantas anda kenali yakni sebagai bahan basic pembuatan salap untuk borok. Faedah ini lebih kurang sama juga dengan keampuhannya membasmi bakteri pemicu ketombe.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment